DPRD Kota Tegal

Gedung DPRD Kota Tegal
Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal di Jalan Pramuka Nomor 4, ternyata dahulu merupakan rumah Residen Tegal atau istana para petinggi Belanda. Bangunan ini didirikan pada tahun 1750-an oleh Mathijs Willem de Man.Berdiri di atas tanah seluas 4.600 meter, Gedung DPRD Kota Tegal memiliki ciri khas berupa empat pilar yang menyangga kokoh bangunannya. Salah satu cagar budaya ini difungsikan sebagai Gedung DPRD mulai 1987 lalu. Sebelumnya bangunan ini dikenal sebagai Residenthuis Tegal. Karena, saat itu Tegal menjadi ibukota karesidenan sekitar tahun 1824.
Memasuki tahun 1910, bangunan ini dialihkan menjadi kantor Asisten Residen Tegal yang tergabung dalam wilayah Karesidenan Pekalongan. Keputusan Tegal menjadi bagian Karesidenan Pekalongan, ditetapkan dalam Staatsblad 170/1905, Aantonede de administratie ve Indeeling de Residentie Pekalongan, tertanggal 28 Februari 1905.
Desain asli bangunan yang dibuat Belanda ini, dapat dilihat pada salah satu lukisan dengan tahun pembuatan 1950. Lukisan tersebut saat ini dipajang di lobi gedung DPRD. Radar Tegal melacak ada tujuh foto bangunan kuno tersebut di perpustakaan digital www.kitlv.nl. Ketujuh foto itu dibuat mulai 1890 oleh fotografer asal Jepang, Abe Yoko. Dari foto-foto Abe, wajah gedung DPRD tidak jauh berbeda dengan sekarang. Hanya saja, ada sedikit penambahan bentuk mengerucut di atas empat pilar di bagian depan.

Dari 1729 sampai 1898, Gewest Tegal dipimpin oleh seorang Residen yang berkantor di gedung itu, mulai J Thierens sampai Residen terakhir (1898) GJP Valette. Setelah Kota Tegal ditetapkan sebagai kota kecil pada 1950 di era kemerdekaan, kantor Residen berubah fungsi menjadi Balai Kota Kota Madya Tegal. Sampai akhirnya, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal secara administratif berpisah pada 1985, Balai Kota Tegal pindah ke Jalan Ki Gede Sebayu, dan gedung warisan Belanda itu digunakan untuk kantor DPRD sekarang.  
Gambar 1 : Gedung DPRD Kota Tegal
Sumber :
https://www.google.co.id/search?q=gedung+dprd+kota+tegal&dcr=0&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwj21uKy_M7WAhXCsI8KHdspCVoQ_AUICigB&biw=1280&bih=613#imgdii=Jx74rf7_CRUpWM:&imgrc=QwmAMQSZuV1__M:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KLENTENG TEK HAY KIONG TEGAL,JAWA TENGAH

Gedung SCS Tegal Jawa Tengah

Masjid Agung Kota Tegal